past perfect dalam bahasa inggris

7/03/2021


Apa itu past perfect. Past perfect adalah sebuah rumus yang digunakan ketika kita ingin mengekspresikan kejadian yang sudah terjadi sebelum suatu kejadian masa di masa lampau terjadi. Atau biar lebih gampang ni, misalnya sekarang saya SMA, Dahulu saya SMP, Sebelum SMP saya SD.

1. Sekarang saya SMA ini adalah present
2. Dahulu saya SMP ini adalah past
3. Sebelum SMP saya SD inilah yang dimaksud past perfect.

Nah sekarang mari kita lihat contoh dalam sebuah kalimat:
Saya tidak lapar tadi siang, karena saya sudah makan nasi sebelumnya.

Karena saya sudah makan nasi sebelumnya adalah contoh dari past perfect, yang mengekspresikan bahwa ia tidak lapar tadi siang karena dia sudah makan nasi sebelumnya. Kalah misalnya ada keterangan waktu yang kita gunakan supaya lebih jelas, contohnya seperti ini;

Sekarang sudah sore jam 4, tadi siang jam 12 saya tidak lapar, karena jam 11 saya sudah makan. Pada saat jam 11 dia makan itulah yang jadi past perfectnya. Begitulah kira-kira cara kita memahami past perfect ini. Nah sekarang mari kita perhatikan rumus cara membuat past perfect ini:

Rumus:

( subject ) + ( had ) + ( verb 3 / past participle ) + ( object / complement )

I had come to the class, before she came yesterday. ( saya sudah datang ke kelas, sebelum dia sampai kemarin)

I went to the market after she had gone.( saya pergi ke pasar setelah dia sudah pergi)

Nah yang berwarna merah adalah bentuk past perfect. Sangat mudah kan rumus nya. Subject nya itu berlaku untuk semua subject she, he, it, you, they, we, dan I. Bagian kata kerjanya bagi yang belum begitu paham mengenai apa itu verb 3 / past participle pada rumus bisa di lihat pada penjelasan di sini regular verb dalam bahasa inggris.


untuk kalimat tanya cukup memindahkan had nya ke awal kalimat contoh:

Had you watched the spider man movie before it published in 2011?
( sudahkan kamu menontoh film spiderman sebelum itu dikeluarkan pada tahun 2011? )

Jawaban:
- Yes I had
- No I had not

Sedangkan untuk kalimat negatif cukup tambahkan not saja setelah had contoh:

I had not studied for the exam, so I got bad score

I had not come to the class, So I did not know anything


Nah yang berwarna merah adalah kalimat past perfect dalam bentuk negatif

Selamat belajar, jika ada yang kurang jelas silahkan di tanyakan saja di kolom komentar ya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon