present progressive atau continuous

6/25/2021


Present progressive atau sering dikenal juga dengan present continuous digunakan ketika kita menyatakan sesuatu yang benar benar terjadi saat ini, di waktu ini, di menit ini, atau bahkan di detik ini. Klo di ilustrasi kan pas si pembicara menggunakan present progressive ini si pembicara memang sedang melakukan kegiatan tersebut.

Misalnya ya sekarang ini kan saya sedang menulis blog, jadi di saat ini saya bisa menggunakan present continuous ini contoh: I am writing my blog now. Artinya saya sedang menulis blog saat ini. Sekarang mari kita pelajari bagaimana rumus menggunakan tenses present progressive ini:


Subject to be kata kerja Pelengkap kalimat
She, He, It is

Kata kerja pertama
V1 ditambah (ing).



Pelengkap kalimat
(object/complement)
You, We, They are
I am
 
Contoh kalimatnya:
1. I am washing my car.
2. You are writing a letter.
3. She is waching a movie.

Dari kalimat di atas kita perhatikan kata kerja v1 nya kan wash ditambahkan ing menjadi washing. Begitu juga kata kerja pada nomor 2 dan 3, write menjadi writing, watch menjadi watching. Pasti kalian bertanya kok write jadi writing engga jadi writeing.  Ya karena sebagian kata kerja yang berakhiran huruf e dia langsung kita hilangkan dan di jadikan terus ing. Maka dari write langsung jadi writing. Untuk jelasnya kalian bisa liat di kamus mengenai present participle verb-ing

Karena memang ada aturan khusus dalam menambahkan ing pada kata kerja. Namun sengaja tidak saya bahas langsung di sini karena takutnya membuat pusing kalian yang baru belajar. Karena aturannya memang agak kompleks. Saat ini saya hanya akan membahas yang paling dasar-dasar dulu saja ya. Mungkin nanti saya akan coba buat bahasannya di pembahasan terpisah. Namun bagi kalian yang memang ingin melihat daftar kata-kata verb ing bisa dilihat di sini.

Contoh kalimat lainnya nya:
I am swimming right now ( Saya sedang berenang saat ini)

Ani is waiting for the bus ( Ani sedang menunggu bus)


Untuk kalimat negatifnya kita hanya perlu menambahkan not setelah tobe contoh:

I am not swimming right now ( Saya sedang tidak berenang saat ini )

Ani is not  waiting for the bus ( Ani sedang tidak menunggu bus sekarang )


Sedangkan untuk membuat kalimat introgatif atau kalimat tanya rumusnya to be (is, am, are) nya kita pindahhkan ke awal kalimat coba perhatian kalimat berikut :

Are you swimming right now? ( apakah kamu sedang berenang sekarang? )

Is Ani waiting for the bus? ( Apakah Ani sedang menunggu bus sekarang? )

Are you writing a letter? ( Apakah kamu sedang menulis surat? )

Sangat mudah bukan, hanya tinggal memindahkan to be nya saja ke awal kalimat, selebihnya susunannya sama semua.

Perlu diingat juga, ada beberapa daftar kata kerja yang tidak bisa dijadikan present progressive/atau continuous. Bagi yang belum tau kata-kata kerja apa saja yang tidak bisa dipakai present progressive/continuous tense silahkan lihat disini.

Nah sangat mudah bukan saya percaya anda akan dengan mudah memahami untuk tensis yang simpel ini...Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon